Rabu, 08 Juni 2016

Manfaat Tumbuhan Mawar bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal bunga mawar. Bunga yang umumnya kami jumpai berwarna merah ini tidak jarang dijumpai di florist alias di pasar tradisional. Bunga mawar disimbolkan sebagai simbol kasih sayang. Kesan romantis yang ditimbulkan pun terus kuat terkesan dari keindahan warna dan aromanya. Maka dari itu, tidak sedikit yang memilih bunga mawar ini untuk diberbagi terhadap orang yang dikasihi. Pada tahun 1968, presiden Amerika Serikat meresmikan bunga mawar sebagai bunga nasional negaranya. Tidak heran kurang lebih 85% konsumsen mawar di seluruh dunia ada di Amerika Serikat. Mawar yang disimbolkan sebagai lambang kasih sayang ini membikin penjualannya melonjak pada hari-hari perayaan yang berkaitan dengan kasih sayang semacam valentine dan hari ibu.

Manfaat Tumbuhan Mawar bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Bunga Mawar


Bunga mawar tergolong sebuahjenis tanaman semak dari genus Rosa.Pada umumnya spesies mawar ini adalah tanaman semak berduri alias tanaman memanjat yang bisa mencapai tinggi 2 hingga 5 meter. Daunnya mempunyai panjang 5 hingga 15 centimeter. Pada umumnya mawar mempunyai duri berbentuk semacam pengait yang berkegunaaan untuk mengurangi kerusakan, melindungi akar dan juga memanjati tanaman lain. Pada berbagai spesies, duri yang tumbuh beradaptasi menjadi lurus semacam jarum, biasanya muncul pada spesies yang tumbuh di tanah berpasir semacam Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia.

Sebetulnya, mawar bukannlah tanaman tropis, tanaman ini membutuhkan udara sejuk untuk tumbuh dan berkembang.  Bunga mawar yang tidak jarangkali kami jumpai umumnya berwarna merah alias putih. Namun sebetulnya bunga mawar mempunyai tidak sedikit warna semacam merah muda, hijau, peach, biru,dll. Untuk mawar biru adalah mawar hasil rekayasa genetika para ilmuwan sebab alam sendiri tidak menghasilkan pigmen biru alamiah di dalam bunga mawar. Faktanya ada kurang lebih 100-150 spesies mawar tersebar di bumi ini. Hanya sebagian kecil yang tumbuh di Asia Tenggara, yaitu yang berdaun hijau sepanjang tahun. Tidak sedikit mawar tumbuh di bumi tahap utara dimana suhu lebih sejuk dari negara-negara tropis.


Nyatanya bunga mawar tetap adalah kerabat dekat dengan buah-buahan semacam apel, pir, ceri dan almond. Kandungan vitamin C pada kelopak mawar nyatanya lebih besar dari buah-buahan tadi. Tidak hanya tidak sedikit mengandung vitamin C  nyatanya bunga mawar mengandung tidak sedikit kegunaaan lain semacam melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, anti radang, menghapus bengkak dan menetralisir racun. 

Kegunaaan Kegunaan Bunga Mawar bagi Kesehatan

  • Aroma mawar sejak jaman dahulu dipercaya untuk menanggulangi stress dan anti depresi. Sebab itulah mawar dipakai sebagai bunga hias yang biasa ditaruh di dalam rumah.
  • Kandungan zat yang menenangkan pada mawar bisa menjadi efek terapi untuk meringankan sakit kepala yang menyerang.
  • Kandungan polifenol pada mawar bisa melembabkan kulit. Sedangkan kandungan omega 3 dan omega 6 pada mawar bisa membenahi kerusakan kulit. Kandungan vitamin C  yang tinggi pada mawar pun bisa meingkatkan kolagen pada tubuh yang salah satu kegunaaannya bisa menyehatkan mata.
  • Bunga mawar bisa menanggulangi bengkak, caranya cuci bersih bunga mawar lalu ditambah daun sembung. Rebus dengan air kurang lebih 600ml lalu minum airnya 2 kali sehari.
  • Bunga mawar bisa meringakan gangguan kesehatan semacam batuk. Seduh bunga mawar dengan air panas. Tambahkan gula secukupnya lalu minum 2 kali sehari untuk meringankan batuk. Untuk serangan campak dan melancarkan siklus haid pun bisa diperbuat dengan tutorial yang sama
  • Akar mawar bisa dipakai untuk menanggulangi keputihan pada wanita. Lumayan keringkan akar mawar, rebus, lalu minum air saringannya.
  • Mawar pun bisa menanggulangi persoalan pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh supaya tetap prima. Pengobatan ini telah dipercaya masyarakat India sejak dulu.



Bunga simbol kasih sayang ini nyatanya mempunyai kegunaaan yang tidak sedikit bagi kesehatan. Tidak hanya berkegunaaan sebagai hiasan alias hadiah terhadap orang tersayang, mawar nyatanya bisa meringankan tidak sedikit penyakit. Tidak hanya harum dan indah, mawar bisa menjadi salah satu pilihan pengobatan dengan cara alamiah yang bisa kamu coba di rumah.


EmoticonEmoticon

Ads Inside Post